Rapat Koordinasi Koalisi Kependudukan Banyuwangi dan BPP & KB Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015

Koalisi Kependudukan (KK) Banyuwangi bersama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) dan UNTAG Banyuwangi menyelenggarakan rapat kerja koordinasi   tanggal 2 Oktober 2015 bertempat di UNTAG Banyuwangi.  

Hadir ibu Dra. Rr. Ermi Soegiarti, M.AP. selaku Sekretaris BPPKB Kabupaten Banyuwangi  dalam memberikan sambutannya  tentang  pentingnya pembangunan yang berwawasan kependudukan sebagai mana yang yang diamanatkan  dalam UU No 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga  dan UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Selanjutnya disampaikan bahwa hakekat pembangunan kependudukan merupakan pembangunan yang berkelanjutan baik penduduk sebagai pelaku pembangunan untuk menuju terwujudnya penduduk yang tumbuh seimbang serta mengembangkan kualitas penduduk pada seluruh dimensi penduduk yang dimulai dari pembangunan keluarga yang hidup dalam lingkungan yang sehat. Sebagaimana di perkirakan 10 bayi lahir setiap hari dan setiap tahun bertambah sekitar 3,5 juta penduduk di Indonesia. Dengan kondisi ini Indonesia menduduki peringkat ke 4 negara dengan penduduk terpadat setelah Cina, India dan Amerika.

       Adapun masalah yang ada seperti jumlah penduduk makin besar, laju pertumbuhan  makin tinggi, struktur umur kurang menguntungkan, persebaran penduduk tidak merata dan kualitas penduduk rendah, maka diperlukan perencanaan dan pembangunan yang baik yaitu memperhatikan aspek kependudukan sebagai titik sentral pembangunan. Sementara itu menurut Dra. Sri Wilujeng, M.Si sebagai nara sumber  dan Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Banyuwangi menjelaskan pentingnya parameter kependudukan yang digunakan untuk mengukur kuantitas dan kualitas penduduk. Data  kependudukan  yang akurat sangat penting sebagai dasar dalam perencanaan dan stategi pembangunan. Selanjutnya Sri memaparkan  tehnik penyusunan policy brief yang dipergunakan untuk menyajikan temuan  dan  memberikan saran  (rekomendasi)  kebijakan 

       Tujuan dari rapat kerja koordinasi ini menurut  H. Sugeng Fadjar Harijanto, A. Per.Pen. M.Kes. selaku Kepala Bidang Data, Informasi dan Institusi Masyarakat BPPKB Kabupaten Banyuwangi adalah untuk menyusun policy brief tingkat Kabupaten  dan  menampung usulan terbentuknya  kampung Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB)