PENDATAAN KELUARGA TAHUN 2015 TELAH MEMASUKI TAHAP ANALISIS

Badan PPKB pada tahun 2015 ini mempunyai gawe besar yaitu pendataan keluarga 2015, pendataan keluarga ini penting untuk Karena merupakan bagian dari system informasi manajemen BPPKB. Pelaksanaan pendataan menjadi prioritas dan semakin penting karena dilaksanakan pada awal RPJMN 2015-2019, selain itu pendataan keluarga ini dilaksanakan pada tahun yang sama berbarengan dengan era pemilihan langsung Kepala Daerah yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Pendataan keluarga tahun 2015 telah mendapat dukungan dari Menteri Dalam Negeri dengan dikeliuarkannya surat edaran No.470/7580/SJ. Demikian Juga halnya untuk pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2015 juga telah mendapat dukungan Bupati Banyuwangi melalui Instruksi Bupati No…476/068/429.206/2015  tanggal 24 April 2015. Dukungan Bupati ini telah ditindaklanjuti oleh para Camat se Kabupaten Banyuwangi.

Data dan Informasi hasil pendataan keluarga 2015 ini nantinya selain digunakan keperluan operasional program KB juga dapat dimanfaatkan olek sektor pembangunan lain khususnya untuk menentukan arah program terlebih diera Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menuntut banyak dilakukannya penyesuaian data.

Hasil pendataan keluarga 2015 mempunyai ciri yang unik sebagai milik masyarakat, karena pengumpulan dan pemutakhirannya dilakukan  oleh kader dari masyarakat itu sendiri, cukup rinci, merupakan bagian dari operasional program KB, dapat dipertanggung jawabkan dan saling melengkapi data lain yang telah ada di tingkat RT/ RW/Dusun/ Desa/ Kelurahan.

Hasil pendataan keluarga lebih dimaksudkan sebagai pemutakhiran capaian kinerja petugas pengelola KB serta terus menerus diuji kesakhihannya melalui konsolidasi program mulai dari tingkat Desa/ Kelurahan, dilanjutkan pada tingkat Kecamatan, sampai ke Tingkat Kabupaten yang dipaparkan pada sarasehan yang dipimpin oleh pimpinan wilayah masing-masing sampai kepada Bupati sehingga diketahui gambaran nyata kemajuan upaya pengendalian penduduk melalui penyediaan program KB yang merupakan perwujudan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera (NKKBS)

Pendataan keluarga 2015 di Banyuwangi yang pelaksanaannya dilakukan serentak diseluruh Indonesia dilakukan melalui beberapa tahapan kegiatan mulai dari orientasi untuk pelaksana tingkat Kabupaten dan training of trainer untuk Koordinator PLKB yang pelasanaannya dilakukan oleh BKKBN perwakilan Jawa Timur, orientasi PLKB/ Manajer Desa, orientasi Kader pendata dilanjutkan dengan pendataan keluarga, scaning, pengolahan hasil pendataan/analisis dan tahap sarasehan. Pelaksanaan pendataan keluarga di Kabupaten Banyuwangi telah memasuki tahap analisi data yang pelaksanaannya dilakukan di tingkat Propinsi, menurut sumber dari Propinsi Jawa Timur yang tidak bersedia disebutkan nama dan jabatannya,  hasil analisis pendataan keluarga untuk Kabupaten Banyuwangi diperkirakan akan selesai pada awal bulan Nopember 2015.