KERJASAMA BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KB (BPPKB) KABUPATEN BANYUWANGI DENGAN JARINGAN RADIO KOMUNITAS INDONESIA DI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2015

Banyuwangi, 27 agustus 2015, dilaksanakan Pengembangan Kemitraan Advokasi KIE Kependudukan dan Keluarga Berencana bersama Jaringan Radio Komunitas Indonesia  dan PIK R di Kabupaten Banyuwangi  dalam Publikasi informasi Kependudukan dan KB melalui Talkshow di Radio, peserta dan undangan kegiatan sebanyak  70 orang, yang bertempat di Aula Gedung Pertemuan Radio Harmony’s FM Jajag Banyuwangi.

Keberadaan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) di Kabupaten Banyuwangi ini berfungsi strategis, yakni disamping mensosialisasikan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), juga dapat diberdayakan untuk kegiatan Advokasi dan KIE, serta pembelajaran bagi PLKB atau masyarakat luas tentang program-program KKB.  Oleh karena itu Jaringan Radio Komunitas  dengan frekuensi 107,7 MHz ini, diharapkan bisa membentuk pola siaran program yang bisa dimanfaatkan secara bergiliran oleh semua lini, baik itu bidang KB & KS, Bidang Data, Informasi & Institusi Masyarakat, Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak maupun Kesekretariatan, tentu saja diselingi dengan hiburan yang sehat dan mendidik.

Dalam materinya Narasumber menyampaikan diantaranya, “PIK Remaja  adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga”.
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Masa remaja seperti ini oleh Bank Dunia disebut sebagai masa transisi kehidupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal (Youth Five Life Transitions). Transisi kehidupan yang dimaksud menurut Progress Report World Bank adalah:

  1. Melanjutkan sekolah (continue learning)
  2. Mencari pekerjaan (start working)
  3. Memulai kehidupan berkeluarga (form families)
  4. Menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship)
  5. Mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life)

Melalui siaran radio yang diyakini masih diminati warga masyarakat, BPPKB Kabupaten Banyuwangi menggandeng JRKI dan PIK-R untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan maupun informasi yang mendidik kepada masyarakat luas. Dengan demikian mereka akan merasa dilibatkan dan memiliki, sehingga nantinya mencintai dunia penyiaran dan memanfaatkannya untuk media penyaluran kreatifitas dan sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) maupun Kesehatan Reproduksi Remaja.

JRKI selain untuk mensosialisasikan program KKB, juga dapat dimanfaatkan untuk mengajak masyarakat  agar bersama-sama membangun Daerah Banyuwangi”.