Kegiatan Pemantapan R/R Klinik

(Rabu, 4 juli 2018), Bidang Pengendalian Penduduk dan Penggerakan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana telah menyelenggarakan kegiatan mengenai “Peningkatan Pengelolaan Data & Informasi Program KKBPK”.  Hal ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang Pengelolaan Data Rutin Pelayanan KB kepada para peserta yang hadir. Dengan mengundang 2 narasumber yaitu, Tanti Septiantri dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim dan Gusti Sayu Putu Aprilia Taurista dari Dinas Kesehatan. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 138 peserta yang terdiri dari Petugas R/R  dari 68 Faskes KB, petugas gudang alokon dari 45 Faskes KB (PKM) dan 25 operator aplikasi online statistik rutin se-Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Drs. H. Muhamad Pua Jiwa, M.Si, dengan beberapa hal penting terkait Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan sedikit intermezzo kepada para peserta untuk menghangatkan suasana. Setelah rangkaian acara pembuka terlewati, acara utama pun dimulai yang diawali dengan pemaparan dari Saudari Gusti Sayu Putu Aprilia Taurista dari Dinas Kesehatan dengan materi “Pencatatan dan Pelaporan Keluarga Berencana”. Kegiatan ini terasa sangat hidup ketika muncul pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan dari beberapa peserta kepada narasumber. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan pemaparan materi kedua oleh Ibu Tanti Septiantri dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim dengan materi “Tata Cara Pengelolaan Data Rutin Pelayanan KB & Aplikasi (SIGA)”. Materi yang kedua tersebut memiliki durasi yang lebih lama dari materi pertama karena materi ini lebih terfokuskan kepada para peserta yang hadir mengenai pengelolaan data rutin pelayanan KB. Disampaikan bahwa berikutnya pencatatan & pelaporan (Report / Record = R/R) Pelayanan Kontrasepsi harus berdasarkan Nomor Induk Keluarga (NIK). Kolom NIK ini tercantum dalam Formulir F/2/KB/15 dan dalam aplikasi online SIGA. Aplikasi online ini terhubung dengan aplikasi online SIGA yang pendataan keluarga. Sehingga dapat disimpulkan jika dalam input Pelayanan Kontrasepsi yang dari F/2/KB/15 maka data yang ada dalam SIGA harus sudah lengkap dengan NIK.  Sama seperti yang sebelumnya, sesi tanya jawab kali ini terasa begitu menarik karena ada beberapa peserta yang melontarkan “pertanyaan” yang diselipkan sebuah “pernyataan” seputar keluh kesah mereka yang menghadirkan gelak tawa dari para peserta maupun narasumber. Pertemuan ini sekaligus merupakan refreshing pengetahuan R/R bagi petugas yang notabene banyak yang baru.

Dengan antusiasme yang begitu tinggi dari para peserta maupun penyelenggara, kegiatan ini dapat  berjalan sebagaimana mestinya dan diharapkan materi – materi yang disampaikan tersebut dapat diterima dan diterapkan dengan baik oleh para peserta yang hadir pada kegiatan tersebut.